10 Maret 2012

Sardu 2.0.4.3 - Membuat MultiBoot Untuk Install Windows, Linux, Antivirus, dan Utilities Menggunakan USB Flashdisk dan CD/ DVD

Anda mungkin sudah tidak asing lagi dengan aplikasi yang satu ini, dan mungkin sebagian dari Anda adalah pengguna setia dan menjadikan aplikasi Sardu 2.0.4.3 sebagai aplikasi favorit dan terbaik yang pernah Anda kenal berarti Anda dan saya sama ^_^. Tapi bila Anda belum pernah menggunakan atau belum pernah kenal dengan aplikasi ini maka saya akan memperkenalkan Sardu kepada Anda hari ini juga #lebay (hari gini gak lebay, gak asyik kali) ^_^.

Bagi seorang teknisi komputer pasti amat mengenal sekali kegunaan aplikasi yang satu ini, sama halnya dengan WinToFlash, Sardu 2.0.4.3 adalah aplikasi yang dapat Anda gunakan untuk membuat bootable Windows menggunakan USB Flashdisk, namun Sardu memiliki keunggulan yang lebih dari pada WinToFlash yaitu dapat membuat multibootable untuk Install Windows, Linux, Antivirus, dan Utilities menggunakan USB Flashdisk dan CD/ DVD. Artinya Anda bukan hanya dapat membuat installasi bootable untuk Windows namun Anda juga dapat membuat installasi bootable Linux, Antivirus Rescuedisk, maupun Utilities seperti Hiren's BootCD dalam satu USB Flashdisk atau CD/ DVD.

Bila WinToFlash hanya dapat membuat satu installasi Windows dalam satu flashdisk, maka Sardu dapat membuat banyak installasi bootable Windows baik itu Windows XP, Vista, Seven, dll. Serta dapat memasukkan Linux baik itu Ubuntu, Kubuntu, dll. Dan juga Hiren's BootCD, RescueDisk dalam satu flashdisk tentu saja dengan syarat flashdisk Anda dapat menampung semua installan tersebut. Setidaknya Anda mempunyai USB Flashdisk 4 sampai 8 GB untuk memasukkan lebih dari dua installan tersebut. Selain Flashdisk Anda juga dapat membuat CD/ DVD bootable. Selain syarat tersebut, yang harus Anda ingat adalah untuk membuat MultiBootable, Sardu hanya mendukung file ISO. Jadi bila Anda memiliki CD/DVD OS, Utilities, dan RescueDisk Anda harus membuat File ISO terlebih dahulu. Bila Anda tidak memiliki CD/DVD untuk dibuat menjadi file ISO Anda dapat mendownload Operating System di sini, Hiren's BootCD 15 di sini, sedangkan Antivirus RescueDisk di sini. Sedangkan untuk file ISO Linux bisa didapat di homepage resminya. Sebagai info saja, untuk membuat multibootable Windows 7 saja anjurkan gunakan versi 2.0.4 atau yang terbaru seperti yang saya share ini, karena versi sebelumnya terdapat bug yang membuat kita gagal membuat bootable Windows 7 di Sardu.

Sebelum kita masuk ke tutorial cara penggunaan Sardu Anda harus mempersiapkan file ISO dengan ketentuan sebagai berikut:
Nama File ISO untuk Windows XP:
  • XP Home: Install_XP_Home.iso
  • XP Professional: Install_XP_Pro.iso
  • XP 64-bit : Install_XP_x64.iso
Nama File ISO untuk Windows Vista dan 7:
  • Vista: InstallVista.iso
  • Win 7: InstallWin7.iso
Nama File ISO untuk Linux:
  • Ubuntu: ubuntu.iso
  • Kubuntu: Kubuntu.iso
Hiren's BootCD: hiren.iso
Nama File ISO untuk RescueDisk:
  • AVG RescueDisk: avg_.iso
  • Kaspersky RescueDisk: kav_rescue_10.iso
Bila Anda sudah mengganti nama file iso tersebut, maka kita langsung ke Tutorial Cara Membuat MultiBoot melalui Sardu:
  • Ekstrak folder aplikasi sardu yang telah Anda download
  • Format Flashdisk Anda ke format FAT32
  • Jalankan file Sardu.exe, sedangkan untuk pengguna 64-bit jalankan sardu_x64.exe
  • Klik gambar iso, seperti gambar berikut:
  • Lalu akan terbuka browser baru untuk mencari file iso yang akan dibuat bootable, Anda tentukan dimana letak file ISO yang akan Anda buat menjadi bootable. Pada tutorial ini saya akan membuat bootable Windows 7 dengan nama file installwin7.iso yang sengaja saya letakkan di drive D (FIKRISHARE.COM)
  • Bila file iso berhasil terdeteksi maka ukurannya akan menjadi sesuai dengan ukuran file iso Anda (perhatikan ukuran 2.34 GB di bawah logo Sardu). 
  • Dalam 1 folder atau drive yang Anda pilih terdapat file ISO yang nama filenya sesuai dengan ketentuan nama file ISO yang mendukung Sardu seperti yang telah disebutkan di atas maka semua file ISO tersebut akan secara otomatis terdeteksi dan masuk dalam rencana proses pembuatan Multiboot oleh Sardu. Sehingga Anda harus cermat dalam meletakkan file iso Anda, tapi bila Anda ingin membuat multibootable maka bisa dimasukkan dalam 1 folder atau drive; atau juga dapat dapat memasukkan satu per satu karena sardu mendukung pembuatan bootable berulang-ulang.
  • Lalu Anda klik search USB agar Sardu mendeteksi USB Flashdisk Anda. Seperti gambar berikut:
  • Bila USB Flashdisk sudah terdeteksi, Anda bisa memulai prosesnya dengan klik lambang Flasdisk
  • Selanjutnya proses pembuatan bootable melalui sardu dimulai. Dan Anda tinggal munggu hingga selesai
  • Bila proses sudah selesai, maka kini flashdisk Anda sudah dapat digunakan untuk melakukan install ulang windows, linux, rescuedisk, atau hiren's bootcd menggunakan Bootable USB Flasdisk.
  • Selanjutnya Anda pergi ke BIOS PC/ Laptop/ Netbook yang akan Anda install ulang, ubah bootable primer-nya menjadi USB Flashdisk yang telah diisi Multibootable tadi.
  • Setelah USB dijalankan sebagai primer boot, maka akan tampil installasi menggunakan Sardu seperti gambar berikut:
  • Selanjutnya Anda tinggal memilih menu tersebut (sesuai dengan jenis installan yang Anda buat)
  • Sebagai tambahan bagi yang belum pernah atau belum berhasil install ulang melalui Flashdisk, setelah proses install ulang pertama (setelah restart komputer pertama saat install ulang) Anda pergi lagi ke BIOS lalu kembalikan primer boot menjadi harddisk (HDD) agar proses tidak berulang-ulang (tak kunjung usai).
  • Selamat mencoba semoga berhasil, dan jangan lupa kolom komentar diisi ya ^_^.
Bila Anda belum paham, berikut video tutorial cara membuat Multibootable Sardu:



89 comments:

  1. terimakasih banyak mz, buat pemula seperti sy ini adalah ilmu yg sangat bermanfaat sekali :)

    BalasHapus
  2. ini yang gua cari....makasih gan.......

    BalasHapus
  3. koq nga bisa mas,error dan tiba-tiba aplikasi sardunya teteeett langsung ketutup sendiri alias langsung close,,,aq menggnkan 3 file iso,ubuntu.iso-install_Xp_Pro.iso-dan instalvista.iso...

    mohon bantuannya..

    sukses slalu..

    BalasHapus
  4. Om fikri...kalo nama file nya gk sesuai dg ketentuan di atas gk bisa ya?
    :-/

    BalasHapus
  5. @Faadzz Lee: terima kasih kembali

    BalasHapus
  6. @Anonim: biasanya itu terjadi karena over memory. buat bootablenya satu persatu saja agar tidak terjadi over memory.

    @Anonim: kesesuaian nama file sudah mutlak bila nama file tidak sesuai tidak akan terdeteksi jadi harus di rename dan disesuaikan nama filenya

    BalasHapus
  7. Udh tak coba n berhasil dg sukses...1 dvd berisi Hiren's 15, XP3, dan win7 Ultimate SP1..!
    trmksih tutorialnya..!

    BalasHapus
  8. terima kasih juga mas Arie sudah berkenan meninggalkan testimoni-nya.

    BalasHapus
  9. om fikri mantepppp bgt dach ane dukung trus nich ....btw thanks bgt om fikri smua yg di share smua bermanfaat....ane fans berat FIKRISHARE.COM......:D

    BalasHapus
  10. .klo seting bios d hp mini gimana bos tekan apa dan gimana..bios saya insydeH20 saya bingung pas d seting bios nya krna saya lihat d komputer temen koq beda tmpilan nya mungkin beda merk bios x ..gmana yah saya baru mau mlakukan instal mklum msh mau bljar bang mhon bmbngan nya

    BalasHapus
  11. @Anonim: maksudnya tekan apa atau masuk menu pilihan apa? kalau mau masuk BIOS bisa tekan F2 atau tombol delete. bila BIOS di proteksi password cek reset password bios di sini atau cek forum luar di sini

    BalasHapus
  12. Mantap bang Fikri.. ijin sedot n maju terus bang :D

    BalasHapus
  13. gan kalau mau bootable lewat CD/DVD...buat tutor nya dong....soal nya ,mau install OS nih .....yang ane download di sini ,,,(winxp_integrated_may2012)

    BalasHapus
  14. menggunakan Sardu juga bisa gan, pada langkah "Search USB" agan ganti dengan klik gambar CD/DVD pada Sardu.

    BalasHapus
  15. bisa nggak mas kalau format flasdisknya pake ntfs..masalahnya untuk win 7 punya aku...ada file wim nya yg ukurannya di atas 4 gb..jadi nggak bisa kalo pake fat 32.
    mohon pencerahannya mas

    BalasHapus
  16. format flasdik nya bisa nggak mas pake ntfs...
    ohon pecerahan

    BalasHapus
  17. mas klo merubah tampilan sardunya bs gak ?
    jd gambarnya diganti.atau ditambahi gambar.

    BalasHapus
  18. mohon maaf saya kurang mengetahuinya.

    BalasHapus
  19. Ijin dwnload mas. Mf br kenal sardu. Mksh ats sharenya maklum br pemula.

    BalasHapus
  20. Untuk Windows 8, nama file ISOnya gimana??

    BalasHapus
  21. terimakasih banyak mz, buat pemula seperti sy ini adalah ilmu yg sangat bermanfaat sekali :)

    minta izin untuk sebarin moga sukses selalu

    BalasHapus
  22. Flashdisk yang sudah dibuat boot, bisa kembali lagi gak?

    BalasHapus
  23. masih bisa digunakan seperti biasanya

    BalasHapus
  24. Caranya? Di Format?

    BalasHapus
  25. di format bisa, tidak di format juga bisa.

    BalasHapus
  26. Terimakasi tutorial sardu yg di berikan...kmrn coba 4 software berbeda gagal terus buat usb XP(kmungkinan karena OS sy win7 x64??)...

    cuma masih ada yg mengganjal, sy buat bootable avg rescue,win XP,n win 7.Namun win 7 nya ga terbaca di menu,cm ada avg,win xp.ada setingan lain kah?Mohon infonya.

    BalasHapus
  27. jika nama file win 7 nya InstallWin7.iso seharusnya bisa terdeteksi mas. atau mas coba saja ulangi lagi yang win 7 tanpa memformat flashdisknya yang sudah ada XP n rescuedisk jadi yang XP n AVG tetap ada dan menimpahnya dengan 7.

    BalasHapus
  28. kalo cd/dvd apa bisa pake sardu,kak?? kalo gak bisa apa bisa lsg di burn?(xp integrated 2012)

    BalasHapus
  29. bisa dengan mengklik gambar CD/ DVD pada sardu.

    BalasHapus
  30. install yg pertama, Hiren + Windows XP Pro Sp3 lancar2 jaya"sukses".setelah itu flasdisk di format ulang.

    Lalu Install yg kedua, Hiren + Windows XP Pro Sp3 + windows 7 x86,
    masalahnya hanya windows xp dan mini windows xp gak bisa jalan. kira2 dimana kendalanya ya mas, apa masalahnya di scriptnya ya mas...?

    BalasHapus
  31. Mas Salam kenal...
    Kok punya saya bikin hiren sama xp sp3 waktu booting malah masuk dos kayak syslinux2 gitu deh..habis itu gak bisa kemana2 apa karena hirennya belum direname ya?

    BalasHapus
  32. sebelum membuatnya pastikan nama sudah sesuai ketentuan yang diminta oleh sardu

    BalasHapus
  33. sangat bermanfaat gan, terimakasih akhirnya saya bisa install dua sistem operasi sekaligus

    BalasHapus
  34. gann.,,sy uda coba xp sma linux.,,ke duanya lancar,,tp stlh sy ganti xp,win7 koq pesannya muncul kyk gni:

    7-Zip 4.62 Copyright (c) 1999-2008 Igor Pavlov 2008-12-02

    Processing archive: D:\OS\InstallWin7.iso


    No files to process

    Files: 0
    Size: 0
    Compressed: 2546598044

    The boot configuration data store could not be opened.
    The system cannot find the file specified.

    mohon bantuanx..

    BalasHapus
  35. coba saja agan mount untuk mengetahui file rusak atau tidaknya

    BalasHapus
  36. error booting windows xp gan
    error 0x00000000007b klo gag salah

    BalasHapus
  37. error tersebut bisa terjadi karena:
    1. installan XP rusak
    2. tidak mendukung mode SATA, jika tidak mendukung mode SATA (AHCI) ubah mode SATA (AHCI) ke mode IDE pada settingan BIOS

    BalasHapus
  38. sardu ne gratis atau gk om???

    BalasHapus
  39. saya udah berhasil format FDnya. tapi, kok waktu mengklik "instal now" pada windows 7 kok malah minta driver ya?
    systemnya minta driver apa?

    saya baca2, katanya dicancel aja n FD nya dipindah ke port USB yg lain. tapi tetap nggak bisa n terus minta driver gitu. sya coba mengarahkannya ke driver AHCI, tapi nggak bisa. driver yg lain juga nggak bisa.

    mohon petunjuk kang Fikrie n semoga situs ini selalu sukses

    BalasHapus
  40. @Anonim: mode IDE atau mode AHCI/SATA mendukung. mungkin windows 7 yang sobat gunakan adalah versi lite yang telah dimodifikasi. karena selama ini saya tidak pernah mengalami masalah seperti itu.

    BalasHapus
  41. memakai sardu dengan hardisk eksternal bisa gak

    BalasHapus
  42. maksudnya file iso dari HDD eksternal y? file iso dari HDD eksternal bisa.

    BalasHapus
  43. Pakai sardu dengan hardisk external bisa nggak maksud ane bukan pakai flasdisk terus kalau bisa pakai format apa fat32 atau ntfs

    BalasHapus
  44. jika boot menggunakan hdd ekternal sepertinya tidak mendukung

    BalasHapus
  45. terimakasih atas informasi yang diberikan mas admin, memang sudah lama saya cari informasi ini. Izin sedot mas admin

    BalasHapus
  46. makasih ea buat panduan yg telah di share,,
    ilmu yg saudara bagikan sangat brmanfaat bgi saya,,

    my best regards..

    BalasHapus
  47. MAS fikri ane kan dah coba ni instal pake sardu ,, truzzz ane mau instal win7 dah tu pas di klik install now ehh setelah ditunggu malah muncul error katanya : error H\source\install.wim


    apa maksudnya tu ya mas ?

    BalasHapus
  48. mas kalo pas instal win7 , kan klik install now truz dah nunggu malah muncul kata : error H\source\install.wim maksudnya apa tu mas ??

    mohon diberi solusi ya mas !!!!

    BalasHapus
  49. file install.wim tidak tersalin ke USB dgn benar, bisa disebabkan oleh file Windows 7 yang digunakan telah rusak atau install.wim yang telah dibuat ke Sardu terhapus.

    BalasHapus
  50. Komentar ini telah dihapus oleh penulis.

    BalasHapus
  51. Komentar ini telah dihapus oleh penulis.

    BalasHapus
  52. Ass.... Wr. Wb

    Bang,, stelah multiboot msuk ke flashdisk itu kan sudah siap untuk di instal ke pc, itu ketika proses nginstal ketika di suruh memilih menu (sesuai dengan jenis instalan yg anda buat) itu untuk winxp sp3 black edition milih yg mana bang, n langkah selanjutnya apa...
    Mohon bimbingannya bang n smoga sukses selalu,,aamiiinn

    Wass..... Wr. Wb

    BalasHapus
  53. apa ada hubungannya dgn fd yg saya gunakan ?
    truss gimana caranya supaya berfungsi kembali mas ?

    truss sardu saya kalo mau masukkan ke archive ada error gitu mas
    jadi solusinya gimana mas ?

    BalasHapus
  54. @Jakfar: Wassalam. menu Windows >> windows professionall

    @Siswa Berstandar Internasional: jika demikian artinya file OS yang ada sudah rusak

    BalasHapus
  55. aduh bang sya coba bbrpa kli tpi kok tetep aja ya bang,, itu bang setiap nyampek di memilih menu punya saya cuma ada Boot from HD (default), Menu Tools, Menu Windows live, Reboot. Padahal sya sudah ngikutin sesuai prosedur banget bang... aduuuhhhh gmna niiihhh... :-(

    BalasHapus
  56. segala jenis installan windows ada dalam menu windows live. jika iso black edition mas sudah di rename menjadi Install_XP_Pro.iso saat membuat multi boot maka seharusnya dalam menu windows live ada windows professionall, kecuali jika file iso tidak sesuai maka tidak ada

    BalasHapus
  57. yg di mksud file iso tdak sesuai gmna tuh bang...

    iya bang sudah di rename n udah ada windows professional sp3 black edition gtu bang,,stelah sya enter da first n da second...

    bang mhonnnn bnget bimbingannya ya...

    BalasHapus
  58. dicoba aja pilih first atau second tapi biasanya yang first

    BalasHapus
  59. tapi mas kok di fd saya satu lagi mau gimana tu mas ?

    BalasHapus
  60. ea sudah bang saya plih yg first,trus klua kyk starting installing gtu,tpi paz layarx tuh htam bang n cket smpek d stu paz..hhmmm gmna nhhh...

    BalasHapus
  61. gan low window xp3 nama file iso'y ap. . .
    Ane kmren nyoba pke wintoflash ga2l mlu2..
    Urgent....

    BalasHapus
  62. gan low window xp3 nama file iso'y ap. . .
    Ane kmren nyoba pke wintoflash ga2l mlu2..
    Urgent....

    BalasHapus
  63. mas gmana kalo OS nya mempunyai 2 file isonya?? apa disatukan dulu ato nanti installnya bisa gantian seperti install pada DVD. sebab vista ku punya 2 keping DVD neh..., mohon penjelasannya pak.

    BalasHapus
  64. bisa tidak digunakan pada OS yang mempunyai 2 file ISO?? sbb vista saya mempunyai 2 keping DVD, ato harus di satukan lebih dulu?? mehon penjelasannya...

    BalasHapus
  65. bang,,
    kalau untuk membuat usb multiboot pada hdd eksternal apa langkah2 nya sama dengan untuk membuat usb boot fdd ya,,
    soalnya hdd eks nya saya format ke FAT 32,,??

    mohon penjelasan nya bang...

    trims...

    BalasHapus
  66. bang,,
    kalau untuk membuat usb multiboot pada hdd eksternal apa langkah2 nya sama dengan untuk membuat usb boot fdd ya,,
    soalnya hdd eks nya saya format ke FAT 32,,??

    mohon penjelasan nya bang...

    trims...

    BalasHapus
  67. tidak bisalah HDD eksternal dibuat boot untuk installan windows.

    BalasHapus
  68. Gan, link yang ini terusannya apa ya ?
    windows vista 34-bit recovery disc
    http://digiex.net/attachments/applications/1177d1231978419-windows-vista-32-bit-x86

    BalasHapus
  69. mamantapS gan nes enpoh keep sharing gan :betty

    BalasHapus
  70. tutorial yg sangat mantaP gan ane tes dolo gan

    BalasHapus
  71. mau cara mudah memiliki flashdisk multiboot WinXp, Win7 20 in 1 32&64 Bit, Win 8 16 in 1 32 & 64 bit, Hirens boot Cd, Driver Pack 12.3, Office 2010 & 2013, dan Flashdisknya kebal terhadap Virus ??
    www.flashmultiboot.com

    BalasHapus
  72. wah udah lama nyari2 ini, mau multibooting nih,
    makasih toolnya, tak sedot dulu.

    BalasHapus
  73. Terima kasih atas share ilmunya
    tapi saya sudah mencoba menggunakan sardu, semu lancar jaya, tapi hanya Hiren's yang tidak bisa muncul dimenunya.
    kira2 kenapa yach...? mohon pencerahanya
    terimakasih

    BalasHapus
  74. pastikan nama file untuk hirens adalah hiren.iso selain itu tidak bisa terdeteksi oleh sardu

    BalasHapus
  75. makasih gan atas infonya senang bisa berbagi ilmu gan

    BalasHapus
  76. Gan di bios na system Auto FD perlu di rubah menjadi HDD tidak? Masi ragu ane gan?
    1 lagi gan sebelum komp ane nyalain wa sudah colokin FD na waktu monitor nyala kok malah nge hank ( Layar Berhenti waktu nyala) mohon pencerahanya gan .. sebelum na terima kasih banyak

    BalasHapus
  77. cara download sardu gimana? aku dah coba ratusan kali gak bisa...

    BalasHapus
  78. https://lh4.googleusercontent.com/-cguZVxYzR3o/T2WEZSgFvUI/AAAAAAAACas/nDJgr6YcuaI/s36/13.gifthanks gan atas infonya sya izin sedot dan akan mencobanya.

    BalasHapus
  79. thanks gan atas infonya sy izin sedot sekalian mo mencobanya

    BalasHapus

Bila menjumpai link adf.ly klik SKIP AD/ LEWATI di pojok kanan atas. Bila ada kesulitan dalam proses download, silahkan membaca Panduan Download.

Komentar SARA dan SPAM tidak akan diterbitkan.
Komentar SPAM: Menyisipkan URL/ Link di dalam pesan tanpa seizin Admin.

Kami hanya sekedar berbagi dan Anda memasuki dunia bajakan, SEGALA BENTUK KERUSAKAN YANG DITIMBULKAN OLEH PENGGUNAAN AKTIVATOR DITANGGUNG ANDA SENDIRI. Jika ingin yang aman tanpa resiko belilah produk asli dari pengembang software.